Harga Melambung Banyak Konsumen Jual Emas

Harga emas mengalami kenaikan bervariasi antara Rp 25 ribu hingga Rp 80 ribu per gramnya di sejumlah toko emas di Kota Jambi.

Pantauan Tribun Jambi (Tribun Network) di Toko Emas Istana Logam, Jalan Veteran, Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi, harga emas untuk logam mulia (24 karat) Rp 536 ribu per gram, emas kuning 70 persen Rp 400 ribu per gram, dan emas putih 75 persen Rp 435 ribu per gram.

“Untuk harga emas mulia, minggu lalu Rp 530 ribu, dalam minggu ini memang naik. Begitu juga dengan emas 75 persen dan emas 70 persen naik Rp 30 ribu,” ujar Arif, penjual emas di Toko Emas Istana Logam, Rabu (26/9/2012).Ditanya penyebabnya, Arif mengatakan tidak tahu pasti. Menurutnya harga emas mengikuti harga pasaran emas dunia. Arif mengaku emas logam mulia paling banyak diminati di tokonya.

Secara umum yang membeli emas sebagai perhiasan dan investasi. Sementara untuk transaksi pembelian, dikatakannya pekan ini cenderung menurun. Masyarakat lebih banyak yang menjual daripada yang membeli.

“Transaksi menurun, kebanyakan orang jual, karena kalau harga naik banyak yang jual,” katanya.

Sementara Edi, penjual emas di Toko Emas Asia, yang beralamat di Jalan Dr Wahidin, Kota Jambi, harga emas juga mengalami kenaikan. Ia bahkan mengatakan kenaikan harga emas berlangsung setelah Lebaran. “Memang benar, setelah Lebaran hingga sekarang harga emas mengalami kenaikan,” katanya.

Di toko emas Asia ini, Edi mengatakan untuk harga emas logam mulia dijual per suku. Harga satu suku setara 6,7 gram dijual Rp 3,5 juta.

“Harganya naik sekitar Rp 300 ribu sudah lebih sebulan, harga ini belum termasuk ongkos bikin lagi,” ujar pria yang memakai peci putih ini.

Sedangkan emas 70 persen dijual Rp 375 ribu per gram naik Rp 25 ribu dari sebelumnya, dan harga emas putih Rp 410 ribu per gramnya. Dikatakan Edi, untuk transaksi pembelian emas di tokonya mengalami kenaikan.

Terutama transaksi pembelian emas putih 75 persen yang paling diminati di Toko Emas Asia. “Transasksi pembelian cukup meningkat pembelian emas putih,” katanya.

Selain itu kata Edi, di tokonya juga menjual emas batangan, ukuran 5 gram, 10 gram, dan 50 gram. Emas batangan 5 gram harga jual Rp 2,825 juta, harga jual emas batangan 10 gram Rp 5,6 juta, dan emas batangan 50 gram Rp 27,750 juta. “Biasanya harga per hari bisa berbeda, tetapi hanya sedikit,” katanya lagi.

Erni (31), yang ditemui saat mengunjungi toko emas mengatakan, ia membeli emas sebagai perhiasan dan investasi. Menurutnya harga emas tidak pernah anjlok, bahkan sering naik.

“Emas itu kan bakal naik terus, sehingga kita merasa lebih aman pakai emas. Untuk investasi juga bagus,” ungkapnya.