Berbagai Bank Prediksi Harga Emas Dunia

Berbagai bank mengoreksi prediksi harga emas dunia 2013 menyusul pelemahan dalam dua bulan terakhir. Semenjak April, harga emas telah turun 20 persen, bahkan, Selasa lalu sempat menyentuh titik terendah dalam tiga tahun terakhir yaitu US$ 1.268 per ounces.

UBS, bank asal Swiss, merevisi perkiraan harga emas hingga 40 persen menjadi US$ 1.050 pada akhir 2013. Sementara HSBC  memprediksi harga emas turun dari prediksi awal US$ 1.542 per ounces dan berada di level US$1.396 per ounces.

HSBC memaparkan ada beberapa alasan kenapa harga emas dunia dapat turun drastis. Alasan pertama adalah rencana bank sentral Amerika,The Federal Reserves, untuk membeli kembali obligasi negara hingga US$ 85 miliar. Langkah The Fed ini menyebabkan nilai mata uang dolar AS kuat dan membantu pemulihan ekonomi AS.

“Langkah The Fed ini membuat emas kehilangan momentum dan para investor mengalihkan portofolio mereka ke investasi lain,” seperti dikutip dari analisis HSBC.

Faktor kedua adalah adanya penurunan permintaan emas dari India dan China, dua negara terbesar pengimpor emas. Pertumbuhan ekonomi yang melambat di kedua negara tersebut membebani harga emas dunia. PDB China diperkirakan turun dari 8,2 persen menjadi 7,4 persen pada 2013.

Sementara negara importir emas terbesar, India, melalui the All India Gems and Jewelry Trade Federation, telah menghentikan penjualan emas batangan dan koin guna memotong impor emas yang mengakibatkan neraca perdagangan India defisit. Asosiasi tersebut mewakili 90 persen pengusaha emas India.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com